Friday, 7 February 2014

Partikel TO


PARTIKEL TO
「と」の助詞
Partikel ini memiliki beberapa fungsi menyebutkan nomina secara berurutan yang menyerupai partikel lain. Misalnya YA 「や」MO 「も」dan lainya. Tetapi ada beberapa fungsi lain yang berbeda dengan partikel lainnya, untuk itu akan diuraikan masing-masing fungsinya dan contohnya dalam bentuk suatu kalimat.
1.      Menyebutkan nomina atau hal dengan berurutan dalam satu kalimat.
Contoh :
a.       花子さんと秋子さんは姉妹です。
(Hanako san to Akiko san wa shimai desu)
Sdri Hanako dan Sdri Akiko saudara kandung

b.      スーパーで、果物と卵と肉を買いました
(Suupaa de, kudamono to kudamono to niku o kaimashita)
Telah membeli buah-buahan, telur, daging di Super Market

c.       鉛筆と本を買いました
(Enpitsu to hon o kaimashita)
Saya telah membeli buku dan pensil

d.      今日と明日は休みです
(Kyou to ashita wa yasumi desu)
[Kita] hari ini dan besok libur

2.      Untuk menyatakan pasangan/ teman yang menyertai
Contoh :
a.       誰と約束したんですか?
(Dare to yakusoku shitan desuka?)
Dengan siapa anda berjanji?

b.      友人と一緒に富士山に登りました
(Yuujin to isshoni Fujisan ni noborimashita)
Saya telah mendaki gunung fuji dengan teman

c.       この頃は外国との交通が便利になりました
(kono goro wa gaikoku to no koutsuu ga benri ni narimashita)
Akhir-akhir ini telah menjadi mudah lalu lintas ke luar negeri

d.      友達とけんかをしていきません
(tomodachi to kenka o shite ikimasen)
Janganlah bertengkar dengan teman

3.      Menunjukan hasil atau kesimpulan dari suatu proses atau keadaan
Contoh :
a.       彼は日本語の先生となりました
(Kare wa nihongo no sensei to narimashita)
Dia akhirnya menjadi guru bahasa Jepang

b.      秋は木々の葉が紅葉となりました
(aki wa kigi no ha ga kouyou to narimashita)
musim gugur daun pepohonan menjadi merah

c.       資格審査で不合格となった学生が三人いました
(shikaku shinsha de fugoukaku to natta gakusei sannin imashita)
Dari hasil seleksi persyaratan, mahasiswa yang tak lulus ada 3 orang

d.      いよいよ12月となりました
(iyo iyo juuni gatsu to narimashita)
Semakin mendekati bulan desember

4.      Menunjukan isi ungkapan kalimat tak langsung tanpa tanda 「」atau kalimat tak langsung yang menggunakan 「」
Contoh :
a.       田中さんはまた明日来ると言いました
(Tanaka san wa mata ashita kuru to iimashita)
Sdr/I Tanaka mengatakan bahwa besok ia akan datang lagi

b.      高山さんはもう一度電話すると言いました
( Takayama san wa mou ichido denwa suru to iimashita)
Sdr/i Takayama mengatakan bahwa ia akan menelpon sekali lagi

c.       ジョンさんは田中さんに「もっとゆっくり話してください」とたのんだ
(jon san wa Tanaka san ni [motto yukkuri hanashite kudasai ] to tanonda
Sdr Jhon meminta Sdr. Tanaka “ berbicaralah lebih lambat lagi”

d.      田中さんは「すみません」と言いました
(Tanaka san wa “sumimasen” to iimashita)
Sdr. Tanaka telah mengucapkan “maaf”

5.      Menunjukan isi perkiraan atau anggapan pada suatu hal
Contoh :
a.       これはリンゴだと思ったんですが、マンゴーなんですね
(kore wa ringo da to omottan desuga, mango nan desune)
Ini, saya kira apel, tetapi ternyata mangga ya 

b.      来る前には寒い所だとしょうぞうしていましたが、暖かいですね
(Kuru mae ni wa samui tokoro ro shouzou shite imashita ga, atatakai desune)
Pada saat sebelum datang [saya] mengira daerah [itu] dingin, ternyata hangat ya

c.       日本は食事が高いと聞きましたが。。
(Nihon wa shokuji ga takai to kikimashita)
[saya] dengar di Jepang makanan mahal [apakah itu benar…]

d.      行けばすぐ分かると思いました
(Ikeba sugu wakaru to omoimashita)
Saya kira apabila pergi bisa segera mengetahui

6.      Cara menyebutkan ungkapan atau nama
Contoh :
a.       こちらは高田さんとおっしゃる方です
(Kochira wa takada san to osshoru kata desu)
Sebelah sini (orang ini) adalah Sdr/i Takada

b.      あなたの国にパパイヤという果物がありましたか?。
(anata no kuni ni papaiya to iu kudamono ga arimasuka?
Di Negara anda, apakah ada buah yang namanya papaya

c.       ここはなんと言う駅ですか?
(koko wan an ti iu eki desuka?
Disini disebut stasiun apa?

d.      その大学は入学試験が難しいという評判ですよ
(Sono daigaku wa nyuugakushiken ga muzukashii to iu ryouban desuyo)
Universitas ini terkenal tes masuknya sulit

7.      Untuk menunjukan kalimat bersyarat
Contoh :
a.       雨期に入ると毎日毎日雨の日が続きます
(uki ni hairu to mainichi mainichi ame no hi tsudzukimasu)
Apabila musim hujan, setiap hari hujan terus-menerus

b.      5時になると仕事が終わります
(goji ni naru to shigoto ga owarimasu)
Apabila pukul lima kerja selesai

c.       気候や食べ物が変えると体を壊すことがよくあるという
(kikou ya tabemono ga kaeru to karada o kaesu koto ga yoku aru to iu)
Dikatakan apabila iklim dan makanannya berubah. Tubuh sering menjadi sakit

d.      外で食べると随分お金と掛かりますが、自分で作ればそんなに掛かりませんよ
(Soto de taberu to zuibun okane to kakarimasuga, jibun de tsukureba sonna ni kakarimasen yo )
Apabila makan diluar akan memerlukan banyak uang, tetapi seandainnya masak sendiri tak sebanyak itu.

8.      Menunjukan isi kalimat sebelumnya sebagai syarat dugaan kalimat setelahnya
Contoh :
a.       品物が良くないと、皆買いませんよ
(shinamono ga yokunai to. Minna kaimasen yo)
Mungkin bila barangnya jelek, kami semua tak akan membeli

b.      天気が悪いと、山へ行くのは無理でしょう~
(Tenki ga warui to, yama e iku no wa muri deshou)
Apabila cuaca buruk, tidak mungkin pergi ke gunung

c.       あなたが何をしようと、私はかいません
(Anata ga nani o shiyou to, watashi wa kaimasen)
Anda hendak melakukan apa, saya tidak menggangunya

d.      どんな字を書こうと、読めば、それで良いでしょう
(Donna ji o kakou to, yomeba. Sore de yoi deshou)
[say kira] menulis dengan huruf bagaimanapun, asal bisa terbaca boleh


9.      Menunjukan hal lain atau kondisi yang diketahui setelah tindakan / perbuatan berlangsung
Contoh :
a.       友達にアパートを尋ねると留守でした
(Tomodachi ni apaato o tazuneru to rusu deshita)
Saya datang ke apartemen teman, tetapi [ia] sedang tidak ada di rumah

b.      切符を買いに行くと売り切れでした
(kippu o kai ni iku to uri kire deshita)
Saya pergi membeli karcis, tetapi sudah terjual habis

c.       わざわざ大学の図書館へ行くと、休館でした
(wazawaza daigaku no toshokan e iku to, kyuukan deshita)
Saya sengaja pergi ke perpustakaan tetapi sudah tutup

d.      電車が止まると、乗っていた人が降り始めます
(densha ga tomaru to, note ita jin ga ori hajimemasu)
Begitu kereta berhenti, penumpang mulai turun

10.  Menunjukan keterjadian yang beruntun
Contoh :
a.       家へ帰るとすぐお風呂に入ります
(Uchi e kaeru to sugu ofuro ni hairimasu)
Ketika pulang ke rumah segera mandi

b.      ドアを開くと上客が一斉になだれ込みました
(doa o hiraku to joukyaku ga issei ni nadare komimashita)
Begitu pintu terbuka, penumpang masuk berebut dan berdesakan

c.       駅を出ようすると切符がないです
(eki o deyou suru to kippu ga nai desu)
Begitu saya akan keluar dari stasiun, tiket sudah tidak ada

d.      夏が過ぎて秋になると、果物が実ります
(Natsu ga sugite aki ni naru to, kudamono ga minorimasu)
Musim panas berlalu datanglah musim gugur, buah-buahan menjadi masak

11.  Menunjukan objek bandingan
Contoh :
a.       それとこれは種類が違います
(Sore to kore wa shurui ga chigaimasu)
Ini dan itu berbeda jenis

b.      私の考えと彼の考えは同じです
(watakusi no kangae to kare no kangae wa onaji desu)
Pemikiran saya dan pemikiran dia sama

c.       日本語と中国語とではどちらがやさしいですか?
(Nihongo to chuugokugo to de wa dochira ga yasashii desuka?)
Manakah yang lebih mudah antara bahasa china dan bahasa jepang
d.      私の国と比べると、日本のほうが寒いです
(Watashi no kuni to kuraberu to, nihon no houga samui desu)
Apabila dibandingkan dengan negeri saya jepang lebih dingin

12.  Menunjukan penguatan kalimat menyangkal
Contoh :
a.       そこに行くには三十分とかからなかった
(soko ni iku ni wa sanjuupun to kakara nakatta)
Untuk pergi ke tempat itu tak sampai 30 menit

b.      富士山はもう二度と登るまい。
(Fujisan wa mou nido to noborumai)
Saya tidak akan mendaki gunung fuji untuk kedua kalinya

c.       そんな危ない事と全くしない
(sonna abunai koto to mattaku shinai)
Jangan melakukan meski sekali hal yang berbahaya seperti itu

d.      イスラム信者として、酒は一度とも飲まない
(isuramu shinja to shite, sake wa ichido to mo nomanai )
Saya sebagai orang islam, tak akan minum sake sama sekali







0 komentar:

Post a Comment