Thursday 3 January 2013

Huruf Jepang

Sebelum belajar bahasa Jepang yang lainnya alangkah baiknya kita mengetahui hurufnya terlebih dahulu minimal huruf Hiragana dan Katakana  dan setelah itu belajar Kanji. Karena secara otomatis jika kita mengetahui huruf dan tahu cara membacanya kosakata pun akan terus bertambah, itu sedikit pengalamanku dalam mempelajari bahasa Jepang hehehe. lalu dimana kita bisa membaca huruf-huruf Jepang itu, gunakan  Jaringan  Sosial misalnya Facebook atau Twitter dan kita bisa berteman dengan mereka (orang Jepang) , pasti mereka dalam menulis statusnya menggunakan bahasa Jepang termasuk ada Hiragana atau Katakana atau bisa membeli buku di toko buku sebagai referensi. 

Langsung aja ,, Secara Umum bahasa Jepang ada 5 jenis huruf, yaitu Hiragana, Katakana, Kanji, Furigana, dan Romaji. Tetapi yang populer hanya 3 yaitu Hiragana, Katakana dan Kanji. Untuk lebih jelasnya kita bahasa satu- persatu.. 

1. Hiragana (ひらがな)

       Hiragana adalah suatu cara penulisan Bahasa Jepang dan mewakili sebutan suku kata. Pada masa silam, ia juga dikenali sebagai onna de (女手) atau 'tulisan wanita' karena hanya digunakan oleh kaum wanita karena memiliki tingkat kerumitan yang lebih rendah dari Katakana dan Kanji. kaum laki-laki pada masa itu menulis menggunakan Katakana dan Kanji. Hiragana mulai digunakan secara luas pada abad ke-10 Masehi.

Huruf Hiragana

Adapun Kegunaan Hiragana, adalah sebagai berikut :

  • menulis akhiran kata; contoh taberu (makan) ditulis (食べる) yang bercetak tebal disebut Okurigana
  • menulis kata keterangan, beberapa kata sifat dan kata benda
  • perkataan-perkataan yang penulisan kanji-Nya tidak diketahui atau sudah lama tidak digunakan
  • menulis bahan bacaan anak-anak seperti buku teks, animasi dan komik 
  • menulis furigana dikenal juga dengan rubi, yaitu teks kecil diatas kanji, yang menandakan suatu kata dibaca, 

2. Katakana (カタカナ)


Huruf Katakana

     Katakana adalah  salah satu dari 3 penulisan bahasa Jepang, Katakana ini biasanya digunakan untuk kata-kata asing yang diserap kedalam bahasa Jepang. selain itu juga digunakan untuk menuliskan onomatope  dan kata-kata asli bahasa Jepang, hal ini hanya bersifat penegasan saja, katakana biasanya dituliskan untuk menulis istilah tertentu misalnya, teknis dan ilmiah, nama-nama hewan, tumbuhan dan mineral.

3. Kanji (漢字)


Sebagian Huruf Kanji

    Kanji adalah aksara Tiong Hoa yang digunakan dalam bahasa Jepang, Aksara kanji dipakai untuk melambangkan konsep dan ide (kata benda, akar kata kerja, akar kata sifat dan kata keterangan). Satu aksara kanji memiliki cara baca yang berbeda-beda. Selain itu, tidak jarang satu bunyi dilambangkan oleh kanji yang berbeda-beda pula. kanji memiliki 2 cara pengucapan yaitu kun'yomi (ucapan Jepang) dan on-yomi (ucapan Tiong Hoa). dari sekian banyak kanji Tiong Hoa, pemerintah Jepang membatasi jumlah kanji yang digunakan di Negara yang disebut Touyou Kanji sebanyak 1.850 karakter pada 16 November 1946. Daftar ini memuat aksara kanji yang telah disederhanakan atau shinjitai (新字体), sebaliknya aksara kanji yang belum disederhanakan disebut kyuujitai (旧字体)。Kementerian Pendidikan juga memiliki daftar Kyōiku Kanji yang diambil dari daftar Jōyō Kanji. Daftar ini berisi 1.006 karakter untuk dipelajari anak sekolah dasar di Jepang. Selain itu, pemerintah Jepang mengeluarkan daftar Jinmeiyō Kanji (kanji nama orang) yang dipakai untuk menulis nama orang. Hingga 27 September 2004, daftar Jinmeiyō Kanji berisi 2.928 karakter (daftar Jōyō Kanji ditambah 983 kanji nama orang). Untuk yang mau memperdalam pengetahuan  kanji bisa KLIK DISINI

4. Furigana (振り仮名)

       Furigana adalah penulisan Kanji kedalam Hiragana, Jadi intinya semua tulisan Jepang yang menggunakan  Kanji dirubah kedalam Hiragana sehingga disebut Furigana. 

contohnya, : 
Kanji      = 今、夕飯を食べます
Furigana = いま、ゆうはんをたべます


Bagaimana, apakah sudah mengerti hehe :D

5. Romaji (ろまじ)

       Romaji adalah romanisasi dari huruf Jepang, Jadi cara semua huruf Jepang dari mulai Hiragana, Katakana, dan Kanji kedalam Bahasa Indonesia.

contohnya :

Kanji      = 今、夕飯を食べます
Furigana = いま、ゆうはんをたべます
Romaji   =   ima, yuuhan o tabemasu
Arti        = Sekarang sedang makan malam

Apakah sudah Mengerti, untuk kali ini segitu dulu aja, Semoga bermanfaat dan Selamat Belajar,,!!






0 komentar:

Post a Comment