Wednesday 6 February 2013

Sapporo Yuki Matsuri,


Festival Salju Sapporo (さっぽろ雪まつり Sapporo Yuki Matsuri) adalah festival salju terbesar di Jepang yang diadakan di kota Sapporo, Hokkaido. Festival ini dilangsungkan selama seminggu pada awal bulan Februari. Setiap tahunnya sekitar dua juta wisatawan dari dalam negeri dan luar negeri berkunjung ke Sapporo selama berlangsungnya festival.

Sejak tahun 2006, festival ini diadakan di tiga lokasi: Taman Odori, Susukino, dan Sapporo Satoland. Di lokasi Taman Odori dipamerkan ukiran es dan salju berukuran sangat besar, termasuk pahatan es berbentuk miniatur bangunan terkenal. Pameran ukiran es yang lebih kecil diadakan di Susukino, sementara acara untuk keluarga diadakan di Sapporo Satoland.


estival salju Sapporo pertama kali diselengarakan tahun 1950 oleh dinas pariwisata Sapporo dan pemerintah kota Sapporo, dengan sponsor surat kabar lokal Hokkai Times. Di Sapporo sebenarnya pernah dilangsungkan berbagai festival salju, namun terhenti sewaktu Perang Dunia II.

Ide membuat patung dari salju diambil dari festival salju yang diadakan tahun 1935 oleh murid-murid sebuah SD di kota Otaru. Festival yang pertama bermodalkan 6 buah patung salju buatan siswa SMP dan SMU kota Sapporo, ditambah festival salju di depan stasiun Hokkaido yang diadakan Japanese National Railways (sekarang disebut JR). Festival dimeriahkan dengan kontes, senam, perlombaan, tari, dan pemutaran film.

Seiring perkembanganya Festival ini diadakan dibeberapa tempat di Sapporo , Hokkaido . Karena kurangnya pengunjung ke beberapa daerah tersebut. akhirnya hanya dilakukan di Kota Sapooro Saja.

Pada tahun 2013 ini festival ini adalah yang ke-64 dari mulai diadakannya Festival Salju ini. Festival ini tepatnya pada tanggal 5 Februari setiap tahunnya. Pembuat patung ini dari anggota masyarakat setempat atau pun masyakat yang ingin juga bergabung dan dari berbagai kalangan dan diberbagi menjadi bebarapa kelompok. patung ini dari yang terkecil hingga yang terbesar. Patung terbesar tingginya kira-kira 15 Meter.

Untuk melihat beberapa patung dalam Festival Salju di Sapporo pada tanggal 5 Februari 2013.






0 komentar:

Post a Comment